Laman

Tuesday, September 8, 2009

Riri Riza: RUU Perfilman Bunuh Kreativitas Sineas

Riri Riza: RUU Perfilman Bunuh Kreativitas Sineas


Riri Riza: RUU Perfilman Bunuh Kreativitas Sineas

Posted: 08 Sep 2009 12:06 AM PDT

JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Perfilman membunuh kreativitas sineas Indonesia dalam berkarya. Sineas muda Riri Riza mengatakan ada substansi pasal yang melarang film Indonesia.

"Pasal 6 isinya soal narkoba dan sara. Sebenarnya bukan kita mau ajarkan pada masyarakat,  tetapi itu film sebagai gambaran di masyarakat. Jadi larangan tersebut sangat membunuh kreativitas," papar sutradara Petualangan Sherina ini kepada wartawan di Gedung Nusantara II, DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2009).

Pembunuhan kreativitas inilah yang membawa 20 sineas Masyarakat Film Indonesia sengaja mengenakan baju serba hitam dan mengirim bunga duka cita.

"Pada dasarnya, kita keberatan terhadap pengesahan RUU ini. Menurut kami ini akan menimbulkan masalah," kata Riri.

Dia mengakui aksi 20 orang sineas ini adalah spontan dan sebagai tanda penolakan. Di antaranya adalah Dedi Mizwar, Nia Dinata, Rima Melati, Slamet Rahardjo, dan lainnya.

"Saya tekankan kalau film itu enggak akan pernah mati. Saat ini saja, film Indonesia sudah cukup maju," tegas Riri. (nov)

Doug Belikan Paris Hilton 'Satu Ton' Perhiasan

Posted: 08 Sep 2009 12:06 AM PDT

LOS ANGELES - Kisah percintaan Paris Hilton dan Doug Reinhard sepertinya akan kembali lagi. Doug dikabarkan membelikan sekira 1 ton perhiasan untuk Paris Hilton.

Pasangan yang menyalakan kembali api asmara mereka usai berpisah Juni lalu, baru-baru ini tampak menikmati berlibur di Eropa. Mereka juga pernah tampak bersamaan saat Festival Film Venice, sebagaimana dikutip okezone dari showbizspy, Selasa (8/9/2009).

"Kami memiliki waktu yang indah. Venice merupakan kota yang cantik dan berbelanja (di sana) sangat menyenangkan," kata Paris.

Hari Jumat, Doug dikabarkan membawa Paris untuk berbelanja.

"Doug menggesek kartu kreditnya dan membawa Paris belanja dan bersenang-senang. Mereka pergi ke Cartier dan di sana dia membeli seluruh perhiasan koleksi Panther dari cincin, kalung, dan gelang.

Belanja yang paling besar adalah gelang Cartier LOVE yang menghabiskan rp801 juta. Doug saat itu mengatakan kepada si penjual, bahwa uang bukanlah masalah. Dia hanya ingin pacarnya bahagia. Paris pun merasa senang diperlakukan seperti ratu.

Meski begitu, Paris membantah kabar bahwa dirinya sudah bertunangan dengan Doug Reinhard. (uky)

Identitas Ayah Janin Sheila Marcia Dirahasiakan

Posted: 07 Sep 2009 11:43 PM PDT

JAKARTA - Sheila Marcia Joseph tak mungkin hamil tanpa ada pria yang menanamkan benihnya. Siapakah pria tersebut? Sejauh ini, identitas pria tak bertanggung jawab itu dirahasiakan.

"Saya tidak mau bicarakan apapun di luar Sheila Marcia," jawab ibunda Sheila, Maria Cecilia Joseph, saat ditanyakan perihal siapa ayah janin Sheila, di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (8/9/2009).

Setelah hasil tes kandungan Sheila menyatakan positif, identitas pria tersebut masih misteri. Dugaan mengarah kepada pebasket asal Bali, Delano Ezar.

Sheila dan Delano sempat berencana menikah dan telah melakukan sesi pemotretan pre wedding di pantai Telagasari, Bali. Namun, pria berwajah oriental itu memutuskan hubungan dengan Sheila dan kabur ke Jakarta.

Sayangnya, Maria tak mengiyakan maupun menampik dugaan tersebut. Maria hanya bercerita tentang tanggapan keluarga besarnya perihal kehamilan di luar nikah itu.

"Tanggapan keluarga besar biasa saja," katanya. (ang)

DPR Sahkan UU Penjahat Film, Bukan UU Film

Posted: 07 Sep 2009 11:29 PM PDT

JAKARTA - Istilah Undang-Undang bagi Penjahat Film diteriakkan oleh masyarakat perfilman Indonesia. Pasalnya, para legislator menyusun pasal demi pasal di RUU Film berdasarkan ketataniagaan, bukan berdasar pendekatan pendidikan dan kebudayaan.

"Saya menamakannya ini adalah Undang-Undang untuk penjahat film dan bukan UU Perfilman," tegas Slamet Rahardjo ditemui di Nusantara 2, DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (8/9/2009).

Sayangnya, masyarakat perfilman Indonesia tidak mempunyai kuasa untuk menolak pengesahan UU ini. Bahkan kakak kandung Eross Djarot ini geram dan meminta aksi mereka untuk menolak pengesahan UU Film jangan disebut sebagai teror.

"Sebenarnya UU Perfilman ini untuk kepentingan siapa sih? Kalau ini untuk prestasi DPR, kita terpaksa menolaknya. Jangan sebut kita di sini teroris. Kita sedih pada wakil rakyat kalau UU dibuat dengan pendekatan personel," papar Slamet. (nov)

Sheila Akan Tiru Jejak Roy Marten

Posted: 07 Sep 2009 11:26 PM PDT

JAKARTA - Sheila Marcia Joseph tidak terima keputusan Mahkamah Agung yang menetapkan vonis satu tahun. Artis muda itu akan meniru jejak Roy Marten, terpidana narkoba yang kini sudah bebas bersyarat.

"Kita bisa mengajukan seperti Roy Marten yang dua pertiga masa tahanan dilakukan di luar bui. Kita belum lihat itu karena itu dilihat dari perilaku narapidana dalam tujuh bulan terakhir," jelas kuasa hukum Sheila, Mudarwan Yusuf, di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (8/9/2009).

Mudarwan belum dapat memastikan langkah konkret yang akan diupayakannya demi membebaskan Sheila.

"Apapun caranya, jika memang itu hak Sheila dan bisa diupayakan, kami tim kuasa hukum akan mengupayakan dengan maksimal," janjinya. (ang)

No comments:

Post a Comment