Laman

Sunday, December 27, 2009

Infotainment Haram, Bams Nilai Bangsa Ini Mundur

Infotainment Haram, Bams Nilai Bangsa Ini Mundur


Infotainment Haram, Bams Nilai Bangsa Ini Mundur

Posted: 27 Dec 2009 12:50 AM PST

JAKARTA - Banyaknya fatwa haram yang dikeluarkan oleh ulama hanya karena segelintir kasus kecil membuat sebuah kemunduran bagi bangsa sebesar Indonesia.

"Tetap enggak (setuju). Karena itu bukan sesuatu yang haram. Kalau diharamin, elo membuat sebuah kemunduran lagi untuk bangsa ini," tegas putra pengacara kondang Hotma Sitompul ditemui usai mendapat medali sebagai Youth Fellow of Mind Champs di Rumah Ranadi, Jalan Jeruk Perut, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (27/12/2009).

Menurutnya, sudah banyak kemunduran bangsa Indonesia sebagai akibat dari pengharaman. "Jangan dong, buat begini saja jadi mundur lagi," protes Bams.

Mantan kekasih Nia Ramadhani ini mengatakan, jika infotainment diharamkan, artinya bangsa Indonesia semakin munafik. Dia setuju jika infotainment yang tayang di televisi kini dibenahi terlebih dahulu.

"Kalau infotainment perlu dibenahi banyak, karena infotainment di kita masih buruk," kata dia.

Bams berharap infotainment bisa mendidik masyarakat bahwa gosip adalah sebuah lelucon dan bukan hal yang penting.
(nov)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Tak Mau Diwawancara, Ersa Mayori Tetap Pamit

Posted: 26 Dec 2009 11:26 PM PST

JAKARTA - Ersa Mayori mengakui jika suatu waktu dirinya enggan diwawancara karena diburu waktu atau kelelahan. Dengan pamit baik-baik, dia pun bisa menghindari konflik dengan infotainment.

"Dalam pemberitaan ada pewawancara dan di wawancara. Saya pernah ngalami buru-buru jadi gak bisa diwawancara tapi saya bilang dengan baik-baik akhirnya bisa kok," papar Ersa ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/12/2009).

Menurutnya, hal yang paling ditekankan adalah komunikasi antara dua pekerja, baik artuis maupun infotainment. "Tinggal komunikasi kitanya saja," ujar presenter infotainment ini.

Memanasnya perseteruan antara infotainment dan Luna Maya terjadi setelah infotainment sepakat melaporkan Luna Maya dengan jeratan pasal UU ITE. Padahal pasal ini yang sedang diperjuangkan untuk dihapus karena tergolong pasal karet.

Upaya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendamaikan Luna dan infotaiment ditolak mentah-mentah oleh Luna. Pasalnya, kekasih Ariel ini merasa telah meminta maaf langsung.

Akibat kasus ini, dukungan massa untuk menghentikan tayangan infotaiment pun mengalir deras. Hingga keluarlah fatwa haram oleh PB Nahdlatul Ulama (NU) tentang infotainment. Sebagai catatan, bukan kali pertama saja artis berseteru dengan infotainment. Sederet nama seperti Baim Wong, Parto Patrio, Tora Sudiro, dan Sarah Azhari yang sampai ke meja pengadilan.
(nov)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Dampak Positif Infotaiment, Ersa Mayori Lebih Hati-Hati

Posted: 26 Dec 2009 09:50 PM PST

JAKARTA - PB Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memfatwa haram tayangan infotaiment. Ersa Mayori berpendapat, tayangan ini tidak melulu memberitakan perceraian atau gosip yang tidak-tidak.

"Setiap orang pasti punya sudut pandang yang berbeda. Kalau mau dibilang haram, bagian mana yang haramnya? Karena infotainment itu enggak melulu memberitakan perceraian atau gosip yang tidak-tidak," papar Ersa ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/12/2009).

Cewek yang juga menjadi presenter acara infotainment ini mengatakan, berita positif yang berupa promo adalah seperti peluncuran album, memberitakan prestasi, juga kabar baik melahirkan dan menikah. "Kan itu baik juga," tukasnya.

Ersa menyayangkan jika hanya karena satu atau dua berita yang dianggap melewati batas, lalu dianggapan keseluruhannya melewati batas. Ibarat pepatah, gara-gara nila setitik, rusaklah susu sebelanga.

"Kalau ada bagian yang melewati batas, mungkin dikoreksi biar jadi pembelajaran semuanya. Jadinya aku menyayangkan kalau sampai diharamkan," papar cewek yang akrab disapa Eca ini.

Menurutnya, jika menonton tayangan apapun tergantung advisory, jika baik diambil, kalau buruk ditinggalkan atau jangan dijadikan contoh. Diakui atau tidak, meskipun banyak yang mencemooh dan tak suka tayangan ini, tapi juga masih banyak orang yang suka.

"Dan harus diakui dampak positif infotainment itu enggak harus dari sisi popularitas, tapi juga si artisnya juga jadi lebih hati-hati dalam bersikap. Karena dia diawasi atau ada polisinya dalam kata lain," urai Eca. (nov)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Tahun Depan, Tina Toon Ingin Keluarkan Single

Posted: 26 Dec 2009 08:54 PM PST

JAKARTA – Target telah dibuat Tina Toon untuk tahun 2010 mendatang. Tak hanya menjadi orang yang lebih baik, namun cewek yang tenar sejak kecil dengan lagu Tukang Bakso ini ingin mengeluarkan single terbarunya.

"Aku ingin jadi orang yang lebih baik lagi, ingin tahun depan ada single baru," kata Tina ditemui di Ciputat, Banten, beberapa waktu lalu.

Malam tahun baru, dia dan keluarga telah berencana untuk pergi ke Singapura dan menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru di negeri tetangga.

Meski demikian, Tina tidak melupakan arti Natal sebagai kelahiran Tuhan Yesus. "Dia datang bawa suka cita untuk kita semua dan beri keselamatan buat kita semua," urainya.

Penyanyi yang sedang menjalankan diet ketat ini selalu merayakan Natal dan Tahun Baru berbeda setiap tahunnya. Seperti tahun ini, Tina berbagi kasih bersama lansia.

"Aku punya oma, opa, dan kenapa tidak aku sebagai cucu menyenangkan mereka dan tahun ini datang langsung ke sini," tandasnya.

Baginya, menjalani Natal tahun ini dia berusaha mengawali dengan baru. Menurut Tina, Tuhan tidak membedakan umatNya.

"Sebagai umatNya aku berusaha menjalankan misi dalam hidup yang diberikannya buat aku," paparnya.

Tukaran kado sudah dilakukan dari tahun ke tahun sebagai tradisi. Momen itulah yang dia tunggu karena terlihat seru dan akrab di keluarga.

"Tahun ini aku lebih dewasa, arti Natal sesungguhnya aku lebih tahu, aku pengen berbagi, lebih dalam saja rasanya," pungkasnya. (nov)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Sherlock Holmes

Posted: 26 Dec 2009 08:03 PM PST

Siapa tak kenal tokoh novel imajinasi Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes? Tokoh detektif yang tergambar pintar dengan metode ilmiah ini diperankan apik oleh Robert Downey Jr.

Aksi film diawali dengan adegan Lord Blackwood yang dibintangi Mark Strong saat melakukan ritual untuk membunuh seorang wanita yang disebut sebagai wanita kelima yang menjadi korban ritual dari aliran hitam Lord Blackwood.

Film ini langsung menaikkan tensi penonton dengan menampilkan adegan-adegan Sherlock Holmes untuk bisa masuk ke dalam tempat ritual hitam milik Lord Blackwood. Seperti biasa, Holmes selalu menyelidiki kasus-kasus dengan dibantu oleh Dr Watson, yang diperankan oleh Jude Law.

Dalam sebuah dinamisasi penggambaran oleh Sir Arthur Conan Doyle tentang karakter tokoh terkenalnya, Sherlock Holmes, dia mengirimkan Holmes dan partnernya Watson ke tantangan terbaru.

Ini untuk membuktikan kemampuan sebagai detektif Pintar di London. Film garapan Guy Ritchie ini pandai menggambarkan suasana Inggris zaman revolusi Industri, atau sekira tahun 1830an, di mana Amerika Serikat sedang terlibat perang saudara. Dalam film ini London Bridge pun masih dalam tahap pembangunan.

Jude Law, meskipun dia terlalu tampan untuk karakter Watson seperti apa yang digambarkan Doyle dalam novelnya. Sementara, Robert Downey Jr cukup apik memerankan seorang detektif pintar dan kerap melakukan eksprimen ilmu pasti yang dimilikinya.

Dalam film yang dirilis Natal ini diceritakan Holmes mendapat tantangan untuk membongkar sekte sesat Lord Blackwood yang telah mengkhawatirkan publik London. Padahal setelah dia dan inspektur, serta Watson berhasil menggerebek ritual pembunuhan, Lord Blackwood telah dihukum gantung. Watson pun sebagai dokter telah memastikan kalau Blackwood telah meninggal.

Namun tiba-tiba, publik London dihebohkan dengan kabar bahwa Blackwood bangkit dari kubur. Benarkah Blackwood telah hidup kembali? Inilah tantangan bagi Holmes menemukan misteri tersebut.

Watson yang pada awalnya menolak untuk menyelami kasus ini, akhirnya mau. Pasalnya, dia tidak ingin mempertaruhkan reputasinya sebagai dokter yang dipercaya parlemen Inggris.

Dalam film ini, ada karakter Irene Adler yang dikenal sebagai cinta sejati Holmes, yang diperankan oleh Rachel McAdams. Mark Strong berperan sebagai Lord Blackwood yang misterius, dan Kelly Reilly bermain sebagai Mary, tunangan Watson yang masa lalunya terkuak oleh penerawangan Holmes.

Lalu, akankah muncul musuh sejati Holmes di film ini? Ya, Profesor Moriarty. Kemunculan Profesor Moriarty di film ini baru terkuak di akhir film ini.

Film produksi Warner Bross ini mencoba memberikan gambaran beda dari film-film Sherlock Holmes yang pernah dibuat sejak era sebelum perang dunia ke-2. Jika Anda ingin mencari film pilihan pada liburan akhir tahun ini, Sherlock Holmes bisa menjadi pilihan.

Sutradara: Guy Ritchie

Penulis Naskah: Michael Robert Johnson and Anthony Peckham.

Pemain: Robert Downey Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Mark Strong, Eddie Marsan, dan Kelly Reilly.
(nov)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

No comments:

Post a Comment